11.4.08

berita VS Gossip..sip..

Penangkapan Al Amin Nur Nasution, yang anggota DPR, yang suaminya Kristina Dangdut, saat sedang suap-suapan dengan pejabat pulau Bintan memang sedang marak diberitakan media 3 hari ini.
Tapi saya yakin, pemberitaan Amin Nasution akibat kiprah dugaan korupsinya itu lebih heboh daripada pemberitaan dugaan suap jaksa Tri Urip dengan kasus BLBI nya kemaren.

Ga percaya?? Liat aja di berita TV, wartawan yang ngerubutin Amin lebih banyak dari daripada wartawan yang ngerubutin Jaksa Urip di KPK, kan?
Apa sebab? Karena, yakin deh, wartawan yang meliput Amin, selain dari wartawan media/Koran nasional untuk mengisi kolom politik dan hukum nya, adalah wartawan infotainment alias gossip.
Ga heran lah, mengingat istri Amin adalah Kristina yang artis.

Tapi, yang menarik adalah sudut pandang pemberitaan para kuli tinta tersebut.

Fakta 1. Kalo wartawan politik dan hukum melihat kasus dugaan suap Amin terkait dengan pengalihfungsian hutan lindung di Bintan, maka wartawan infotainment justru menitik beratkan pemberitaan Amin dengan adanya wanita yang ikut tertangkap saat penggerebekan..(malah ditambahin dengan dugaan perselingkuhan pula!! Oh God..) Dan kemudian malah membawa bawa kisah kisah masalah Amin-Kristina yang pernah santer diberitakan tahun kemarin.

Fakta 2. Kalo para wartawan professional meminta pendapat para politikus di DPR terkait penangkapan Amin, maka pemburu berita dari infotainment, selain meminta pendapat dari para anggota DPR, juga meminta pendapat dari pihak keluarga Kristina.
Padahal kita, para pecinta gossip, taulah bagaimana sikap keluarga Kristina pada Amin. They don’t really like him. Jadi, akhirnya komentar yang muncul malah tentang sikap Amin yang (katanya) mau nikah sama Kristina, tapi ga mau nikah dengan keluarga Kristina lah, ato komentar yang kemudian dihubungkan dengan 'kegelisahan' ibunda Kristina yang sejak awal kurang menyetujui pernikahan Amin-Kristina.

So, pesan moral dari fakta dis atas, kalo mau berita yang lebih lengkap, tontonlah berita infotainment… :p

Tidak ada komentar: